pikniklagi

Saturday, November 3, 2018

Resume II. Peng. Pancasila

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "Bangsa Indonesia merupakan Kausa Materilis nilai-nilai pancasila"
Jawaban; Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia disebut sebagai kausa materialis dari pancasila. Hal ini karena dalam nilai-nilai dasar pancasila secara real berasal dari nilai-nilai adat istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religious yang dimiliki oleh bangsa Indonesia atau yang telah secara natural menjadi pola kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri. 

2. Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan suatu system. Apa yang dimaksud dengan sila-sila Pancasila sebagai suatu system? Jelaskan.
Jawaban; Yang dimaksud dengan sila-sila Pancasila sebagai suatu system ialah Nilai-nilai yang terkandung dalam sila satu sampai dengan lima merupakan cita-cita harapan dan dambaan bangsa Indonesia yang akan diwujudkanya dalam kehidupanya. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu mempunyai tingkatan dalam hal Kuantitas maupun kualitasnya, namun nilai-nilai itu merupakan suatu kesatuan saling berhubungan serta saling melengkapi. Pancasila sebagai Nilai Dasar Fundamental bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

3. Kedudukan Pancasila sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, adalah sebagai " Sumber dari segala sumber hukum di Indonesia" jelaskan apa yang dimaksud dengan pengertian tersebut!!!
Jawaban; Segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus bersumberkan Pancasila atau tidak bertentangan dengan Pancasila. Pancasila sebagai ketentuan tertinggi terutang dalam Pembukaan UUD 1945, kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran UUD 1945, yang pada akhirnya dioperasionalkan dalam bentuk hukum dan peraturan positif di bawahnya.

4. Dari tahun 2004 sampai dengan sekarang Pemilihan Presiden dan pemilihan Kepala daerah satu paket dengan Wakilnya yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Menurut pendapat saudara jika dikaitkan dengan pancasila sebagai dasar negara, bertentangan apa tidak? Karna sebelumnya pemilihan Presiden oleh MPR dan Pemilihan Kepala Daerah oleh DPRD didaerah masing-masing. Jelaskan alasan pendapat saudara.
Jawaban;
Tidak bertentangan, karena Sistem demokrasi Indonesia dibangun atas dasar dan kekuataan Pancasila, yang tidak berpihak kepada keinginan yang terlalu dalam membela individu (liberalisme) maupun dominasi mutlak negara (komunisme), dan juga undang-undang dasar 1945 negara Indonesia bersifat dinamis sesuai waktu mengikuti perkembangan jaman dan masyarakatnya.

2 comments:

Kost-Pontianak

Terima Kost Khusus perorangan Idr 500rb/bln.  Tidak menerima pasangan/ berkeluarga.   Jalan Parit H. Husin 1, Gang. Keluarga no. 7/...