pikniklagi

Saturday, June 18, 2016

Trik+Membuat +Lampu+Motor+Lebih+Terang+Dengan+Menggunakan+Relay

Lampu sepeda motor sebetulnya sudah disetting oleh produsen dan juga telah melalui uji kendaraan agar lampu tersebut memenuhi standar. Namun kerap kali para pengendara yang suka mengotak-atik motornya membuat agar lampu motornya lebih terang. Berbagai carapun dilakukan agar lampu motor lebih terang dari standar. Salah satu caranya dengan menambahkan dua buah relay pada lampu motor tersebut.

Pada prinsipnya cara ini hanya untuk mengurangi hambatan pada rangkaian lampu kepala. Sebelum saya jelaskan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay alangkah baiknya kita bahas cara kerja relay terlebih dahulu. Sebuah relay biasanya terdapat 4 nuah terminal yaitu 85,86, 30 dan 87. Di dalam relay terdapat dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point. Terminal 85 dan 86 terhubung dengan elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar relay berikut ini.
 
YAKANA
 
Cara kerja dari relay tersebut adalah ketika sebuah arus mengalir ke 85 dan 86 terhubung dengan ground (-). Maka akan timbul kemagnetan pada elekro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contact point (terminal 87)  yang menyebabkan terminal 30 dan 87 terhubung. Jadi pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik.
 
Setelah mengetahui cara kerja dari relay, maka selanjutnya kita akan mulai untuk melakukan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay. 
1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah relay (normaly open)
2. Hubungkan terminal 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala)
3. Hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)
4. Hubungkan terminal 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)
5. Hubungkan terminal 86 ke negative.
6. Lakukan langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.
Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay
Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay
Itu tadilah langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay. Jadi intinya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan di jumper dari baterai langsung menuju lampu. Saklar lampu digunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay saja. Dengan begitu hambatan rangkaian lampu kepala lebih kecil, sehingga lampu akan terang. Gimana cukup simpel bukan ? saya yakin anda pasti bisa melakukanya dengan memperhatikan setiap langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay diatas.
 

No comments:

Post a Comment

Kost-Pontianak

Terima Kost Khusus perorangan Idr 500rb/bln.  Tidak menerima pasangan/ berkeluarga.   Jalan Parit H. Husin 1, Gang. Keluarga no. 7/...