pikniklagi

Saturday, June 18, 2016

Tips+&+Cara+Merawat+AC+Mobil+Agar+Tetap+Dingin

Bagi semua pengguna mobil, AC (Air Conditioner) adalah merupakan komponen wajib pada mobil yang harus dijaga perawatannya. Ketika suhu kabin mulai terasa panas, biasanya pengguna menaikkan level AC agar lebih sejuk. Lantas apa jadinya jika tiba-tiba AC mobil tidak dingin? sudah pasti perjalanan anda akan terasa terganggu.

Nah, kali ini kami akan memberikan tips merawat AC mobil agar dapat memberikan kenyamanan terus-menerus kepada pengendara atau penumpang mobil. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk perawatan AC mobil.

Berikut Beberapa Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin :

1. Perawatan Berkala
Lakukan perawatan atau servis berkala setiap 8 sampai 12 bulan sekali. Saat ini jarak tempuh tidak bisa menjadi tolak ukur karena kondisi jalan yang macet menyebabkan kerja AC semakin lama.

Indikator AC sudah waktunya diservis ketika suhu yang dihasilkan tidak sedingin sebelumnya. Biasanya disebabkan evaporator mulai kotor. Ciri lain, bau tidak sedap yang keluar dari kotoran di evaporator. Beban kerja sistem pun menjadi berat

2. Lakukan Perbaikan
Jika ada kerusakan pada AC mobil atau mulai menurun performanya, hal yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan. Sebelum AC dibongkar, sebaiknya anda periksa dulu sistem sirkuit AC. Evaporator adalah salah satu hal yang harus dibersihkan karena sering kali kotor. Selain itu juga harus dilakukan penambahan oli untuk kompresor. "Komponen yang wajib diganti setiap servis adalah dryer karena cara kerjanya sama dengan filter bensin, serta Freon juga perlu diisi ulang karena saat disevis pasti ada yang terbuang.

Proses pembersihan evaporator tersebut membutuhkan lama hingga 3 jam lebih, dengan catatan tidak ada kerusakan pada komponennya. Sedangkan biaya untuk perawatan, mulai dari Rp 400.000 untuk buatan Jepang, hingga Rp 1,5 juta merek buagtan Eropa dengan konstruksi lebih ribet. Itu pun untuk jasa kerja dan freon. Sementara kalau dryer diganti, biaya befrkisar dari Rp 175.000 -750.000 tergantung merek dan model mobilnya.

3. Sering di Panaskan
Jika mobil anda tidak pernah dipakai selama sebulan, sebaiknya mesin sering dipanaskan dan AC dihidupkan. Tujuannya, untuk menghindari pengendapan pada oli di kompresor. Sebab, pada kondisi tersebut bila AC dihidupkan akan terjadi gesekan pada permukaan komponen kompresor yang saling bersentuhan.

Demikianlah cara yang dapat anda lakukan untuk merawat AC mobil agar tetap dingin.

No comments:

Post a Comment

Kost-Pontianak

Terima Kost Khusus perorangan Idr 500rb/bln.  Tidak menerima pasangan/ berkeluarga.   Jalan Parit H. Husin 1, Gang. Keluarga no. 7/...