pikniklagi

Thursday, October 4, 2012

TIPS DAN TRIK BELANJA DI BANDUNG

Belanja di kota bandung sepertinya sudah menjadi trend dan kebiasaan bagi para wisatawan domestik ketika libur panjang (long weekend ) di hampir setiap tahun.Diperlukan pengetahuan dasar cara shopping supaya bisa mendapatkan barang yang dinginkan dengan nilai ekonomi yang tidak besar.

Nah, inilah trik belanja murah di Bandung :



1. Belanja di pagi hari
Berbelanjalah di pagi hari ketika toko/kios baru buka. Biasanya, toko/kios yang baru buka akan memberikan harga lebih rendah dan lebih mudah ditawar harganya, dibandingkan siang atau malam hari. Ini karena pantangan bagi pemilik toko menolak pelanggan pertama.
2. Cari factory outlet yang belum banyak dikenal orang
Untuk Anda yg hobi berbelanja di factory outlet (FO), cobalah berbelanja di FO yg baru dibuka atau belum banyak orang tahu. FO yang berada di kawasan soekarno-hatta atau buah batu bisa menjadi pilihan. Kedua daerah tersebut lebih sepi dibandingkan Dago atau Cihampelas. Jadi, untuk menarik pengunjung, FO akan menawarkan harga yg lbh murah. Menarik kan?
3. Gunakan bahasa lokal
Hal yang tidak boleh diabaikan ketika akan berbelanja di Bandung adalah menggunakan bahasa lokal, yakni sunda. Ini harus Anda terapkan terutama ketika berbelanja oleh-oleh di pinggir jalan. Dengan menggunakan bahasa lokal, akan timbul rasa kedekatan antara penjual dan pembeli. Sehingga, penjual lebih mudah memberikan harga murah ketika Anda menawar menggunakan bahasa lokal.  Tidak percaya? Coba saja!
4. Tawar setengah harga awal
Jangan kaget  jika Anda mendapatkan harga yang tinggi, saat pertama kali menanyakan harga suatu barang. Tunjukan wajah yang tenang dan tawarlah setengah harga, karena harga yg diajukan penjual pertama kali, sudah dinaikkan berkali-kali lipat. Jika penjual tidak menurunkan harga, carilah di toko lain, jangan terpaku pada satu tempat.
5. Belanja di hari kerja
Harga barang di akhir pekan dan hari kerja jauh berbeda. Ini karena pada akhir pekan, Bandung lebih ramai dikunjungi wisatawan. Kesempatan ini dimanfaatkan para pedagang untuk menjual harga barang lebih tinggi dibanding hari kerja. Jadi, jika ada waktu usahakanlah berbelanja di hari kerja, dan Anda pun akan mendapatkan harga yang miring

No comments:

Post a Comment

Kost-Pontianak

Terima Kost Khusus perorangan Idr 500rb/bln.  Tidak menerima pasangan/ berkeluarga.   Jalan Parit H. Husin 1, Gang. Keluarga no. 7/...